Parenting

Hal yang Harus Diperhatikan Bunda Mengenai Kecerdasan Bahasa

Hal yang Harus Diperhatikan Bunda Mengenai Kecerdasan Bahasa

Tahukah Bunda bahwa sejak buah hati lahir, sudah memiliki 9 kecerdasan majemuk yang wajib diasah oleh rangsangan agar berkembang pesat. Salah satu kecerdasan anak yang perlu memperoleh stimulasi yaitu bahasa. Anak akan menyusun pikiran yang jelas dan bisa mengungkapkan semua apa yang dipikirkan secara kompeten melalui kata-kata. Baik dengan berbicara, menulis, serta membaca.

Kecerdasan bahasa atau linguistik mendukung anak dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga bersosialisasi. Untuk itulah penting bagi Bunda dalam memenuhi semua kebutuhan si kecil dalam perkembangan kecerdasan linguistik ketika berusia 3 tahun.

Beberapa Hal yang Harus Anda Perhatikan Dalam Kecerdasan Linguistik Anak 

Saat usia 3 tahun, bunda harus memperhatikan hal-hal penting yang terjadi pada anak khususnya dalam kecerdasan linguistik atau bahasa. Berikut ada beberapa poin yang harus anda perhatikan untuk memastikan kecerdasan linguistik pada si buah hati :

  1. Di usia 3 tahun ini, si buah hati sudah pandai mengungkapkan apa yang dilihat serta keinginannya dan dipikirkan melalui tata bahasa yang benar.
  2. Anak sudah mulai mempunyai kosakata yang sangat kompleks. Singgah si buah hati dapat merangkai kalimat secara lengkap.
  3. Anak akan senang mendengarkan ketika Bunda berbicara cara dan bercerita. Bunda juga akan merasa terhibur dan senang berbincang dengan si kecil karena kosakatanya cukup lucu.
  4. Bunda bisa mengajak anak untuk bercerita mengenai berbagai macam hal dan topik yang sesuai.
  5. Anak akan mudah memahami informasi yang disampaikan oleh lingkungan sekitar sesuai dengan usianya.
  6. Anak akan menunjukkan ketertarikan pada benda terutama buku. Biasanya hal ini terjadi apabila Bunda membacakan cerita atau ketika si buah hati melihat gambar-gambar yang lucu di dalam buku tersebut.
  7. Anak akan mulai tertarik untuk menulis dan membaca.
  8. Anak mulai senang berbincang dengan kosakata yang dimilikinya. Bermain dengan kata seperti teka-teki, padanan kata, dan lawan kata.
  9. Anak akan lebih mudah mempelajari bahasa di masa pertumbuhan kecerdasan linguistik. Biasanya bahasa yang sering diucapkan oleh Bunda adalah bahasa yang mudah diserap si kecil.

Apakah Bunda melihat tanda-tanda pada buah hati seperti yang disebutkan diatas? Jika Bunda belum melihat semua ciri-ciri di atas pada si kecil, hal ini masih terbilang wajar dan Bunda tidak perlu khawatir. Sebab kecerdasan bahasa pada anak memiliki tingkat dan kemampuan yang berbeda-beda.

Tentunya hal ini bergantung kepada potensi serta stimulasi yang diberikan oleh lingkungan sekitar si kecil untuk menunjang pertumbuhan kecerdasan Bahasa pada anak. Oleh sebab itu, penting bagi bunda untuk memberikan stimulasi yang tepat dengan mengembangkan kecerdasan linguistik yang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut :

1. Sering Mengajak Buah Hati Untuk Berkomunikasi Dengan Rutin

Baik Bunda maupun Ayah harus sering mengajak anak berbincang agar kecerdasan linguistik bisa terasa dengan baik yang membuat anak bisa mendapatkan kosakata baru ataupun sekedar merangsang stimulus dalam perkembangan otak si kecil.

2. Bunda Bisa Membacakan Cerita atau Memberikan Pertanyaan-Pertanyaan Sederhana Kepada Si Buah Hati

Bunda bisa membacakan cerita dan memberikan pertanyaan sederhana dari cerita atau dongeng yang telah dibacakan kepada si kecil. Bunda bisa memilih buku yang disukai sesuai dengan tingkatan usia si kecil.

3. Apabila Buah Hati Tidak Tertarik Ketika Dibacakan Buku, Bunda Bisa Memulai Mengajak Bercerita dan Mendongeng

Bunda bisa membacakan dongeng atau bercerita secara intens kepada si kecil agar anak lebih tertarik dan bisa mendapatkan kosakata yang lebih banyak. Bunda juga bisa menggunakan mainan anak atau properti lain seperti boneka yang mendukung cerita serta membuat anak lebih tertarik untuk mendengarkan.

4. Bunda Bisa Meminta Si Kecil Untuk Menceritakan Ulang dari Dongeng yang Dibacakan 

Setelah Bunda selesai cerita, si kecil bisa dimintai untuk menceritakan kembali isi cerita atau dongeng. Hal ini melatih anak untuk berbincang dan mengutarakan sesuatu. Walaupun mungkin kosakata yang dipakainya masih belum benar.

Setelah Bunda mencoba seluruh upaya di atas untuk melatih kecerdasan linguistik pada anak, bunda juga bisa membantunya untuk mengembangkan kecerdasan dengan memberikan asupan bergizi agar membantu dalam pengembangan kecerdasan anak. Dancow lindungi si kecil dan dukung cinta Bunda agar lebih Berani Bereksplorasi!