Others

Fakta sunan Bonang yang harus kamu tahu

Fakta sunan Bonang yang harus kamu tahu

Pencapaian Indonesia yang dikenal sebagai negara mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia tidak terlepas dari peranan aktif Wali Songo. Salah satu Wali Songo yang paling aktif dan terkenal adalah  Sunan Bonang.

Walisongo ini mempunyai nama kecil China yang bernama Liem Bong Ang. Dalam dakwahnya, sunan Bonang menggunakan kesenian sebagai perantara. Bagi yang tertarik dengan riwayatnya, silahkan ikuti biografinya berikut ini.

Profil sunan Bonang

Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel sekaligus cucu Sunan Gresik. Dalam riwayatnya beliau dilahirkan tahun 1465 Masehi. Wali Allah ini memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim.

Namun karena semasa hidupnya beliau mahir dalam bermain alat musik Jawa sehingga Ia dikenal sebagai sunan Bonang.

Dari kecil, Sunan Bonang telah dibekali dengan berbagai ilmu agama dari kedua orang tuanya. Bahkan saat beliau menginjak usia remaja, beliau sering melanglang buana hingga ke Samudera Pasai.

Dalam biografinya beliau pernah berguru dengan Syekh Maulana Ishak. Dalam ekspedisi untuk mencari ilmu pengetahuan tersebut, Sunan Bonang ditemani Sunan Giri atau kita menyebutnya sebagai Raden Paku.

Berbekal ilmunya yang sangat luas, Sunan Bonang mengawali kegiatan dakwahnya di pantai utara Jawa sekembali beliau dari Samudera Pasai.

Melihat kondisi budaya Jawa yang masih sangat kuat, Sunan Bonang tidak anti dengan kebudayaan yang berkembang di tengah masyarakat tersebut.

Bahkan sebaliknya Sunan Bonang melihat seni banyak digandrungi oleh masyarakat Jawa. Beliau berpikir bahwa itu adalah kesempatan emas untuk menjadikannya sebagai media dakwah paling ampuh untuk masyarakat Jawa.

Dengan bakatnya di seni musik Jawa yang sangat kental sunan Bonang akhirnya membuat gamelan berupa Bonang yang terbuat dari tembaga sebagai media untuk dakwah.

Suara khas alat tersebut membuat dakwah menjadi lebih efektif tanpa menghilangkan kebudayaan masyarakat Jawa. Dalam strateginya sunan Bonang juga menyalibkan berbagai ajaran Islam.

Diantaranya lafal syahadat yang menjadi ikrar keimanan seorang muslim. Dengan alat musik bonang tersebut sunan Bonang juga membuat berbagai lagu yang indah yang hingga sekarang masih digunakan dan masih didengar oleh khalayak umum.

Diantaranya seperti tombo ati diam hingga sampai sekarang masih banyak ditemui di sekitar kita. Dengan budaya masyarakat Jawa yang masih kental tersebut, nyatanya sunan Bonang bisa merangkul masyarakat Jawa untuk memeluk Islam.

Karamah yang dimiliki sunan Bonang

Menjadi seseorang yang memiliki kelebihan dari Allah ta’ala, Sunan Bonang juga mempunyai karamah. Karamah tersebutlah yang menegaskan bahwa beliau bukan orang sembarangan.

Salah satu karamah yang paling nyata adalah beliau bisa memindahkan sungai Brantas dari Jawa Timur. Ceritanya masyarakat di sekitar sungai tersebut tidak mau menerima dakwah dari sunan Bonang.

Sehingga sunan Bonang memilih untuk memberikan pelajaran kepada masyarakat tersebut dengan memindahkan sungai Brantas. Itu tadi rupa-rupa fakta sunan Bonang yang harus kamu ketahui.