Others

5 Manfaat Zat Besi di Dalam Tubuh Manusia

5 Manfaat Zat Besi di Dalam Tubuh Manusia

Zat besi merupakan salah satu mineral penting bagi tubuh manusia yang bisa ditemukan di berbagai makanan seperti daging merah. Ada dua jenis iron yaitu jenis heme dan non heme dimana heme lebih mudah diserap oleh tubuh ketika dikonsumsi. Di dalam tubuh, ada beberapa manfaat zat besi yang tergolong sangat penting, berikut penjelasannya:

1. Penghasil Energi

Di dalam tubuh, zat besi menjadi mineral paling penting utamanya dalam susunan sel-sel yang ada dalam tubuh. Energi tubuh didapatkan dari konsumsi berbagai makanan dan zat besi inilah yang nantinya merubah makanan menjadi sebuah energi.

Ketika konsumsi zat besi meningkat, maka secara otomatis tubuh akan memiliki lebih banyak energi pula karena perubahan optimal. Tetapi bukan berarti zat besi boleh dikonsumsi secara berlebihan karena ini berhubungan dengan masalah kesehatan lainnya.

2. Mengurangi Kelelahan Berlebihan

Di tubuh wanita, zat besi punya peranan yang lebih penting karena kebutuhannya yang meningkat ketika menstruasi. Konsumsi zat besi yang mencukupi kebutuhan harian dengan bantuan suplemen bisa mengurangi kelelahan pada wanita hingga 48%.

Zat besi tidak hanya penting bagi wanita tetapi juga untuk atlet yang melakukan aktivitas fisik cukup banyak dan juga ibu hamil. Asupan zat besi akan membantu dalam pembentukan energi di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi tidak mudah lelah.

3. Mendukung Fungsi Kognitif

Keberadaan zat besi tidak hanya vital bagi sel-sel tubuh saja tetapi juga organ penting seperti misalnya otak hingga sistem saraf. Zat besi memainkan peran dalam menjaga fungsi kognitif tubuh termasuk memperbaiki kemampuan memori otak.

Selain itu, asupan zat besi juga akan membuat seseorang menjadi lebih mudah fokus serta menerima pelajaran dengan baik. Konsumsi zat besi membuat seseorang tidak lagi memerlukan kopi untuk bekerja dan fokus dalam waktu 2-3 jam.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, zat besi juga punya hubungan yang erat dengan sistem kekebalan tubuh manusia dimana sel darah merah menjadi kunci utamanya. Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan dan juga dalam perkembangan sel darah merah di dalam tubuh.

Tidak hanya pada sel darah merah, zat besi juga memainkan peran dalam menjaga pematangan sel imun tubuh terutama limfosit. Efeknya adalah ketika kebutuhan zat besi terpenuhi maka tubuh secara otomatis akan responsive terhadap berbagai infeksi yang menyerang.

5. Transportasi Oksigen

Di dalam tubuh manusia, oksigen punya peran sentral dan zat besi lah yang mengatur peredarannya ke seluruh organ. Ini berhubungan dengan keberadaan zat besi dalam memproduksi sel darah merah.

Sel darah merah nantinya akan mengikat oksigen untuk kemudian mengedarkannya langsung ke seluruh bagian tubuh. Penyimpanan oksigen di dalam tubuh juga mengalami peningkatan melalui keberadaan myoglobin yang bergantung pada zat besi.

Manfaat zat besi dalam tubuh sangat penting terutama untuk mengatasi kekurangan darah (anemia) hingga kelelahan parah. Karena zat besi tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh maka selalu pastikan konsumsi makanan atau suplemen mencukupi.