Others

Cara Meracik Kopi Enak di Rumah

Cara Meracik Kopi Enak di Rumah

Pencinta kopi pasti akan setuju bahwa membuat kopi yang nikmat bukan hanya sekedar intuisi, melainkan hasil dari perjalanan panjang seseorang untuk belajar tentang cita rasa dan praktik gaya brewing kopi enak. Pada dasarnya membuat sajian kopi yang nikmat bukanlah hal yang mudah, namun bukan berarti Anda harus mengikuti kursus untuk menyiapkan sajian kopi.

Sedikit pemahaman tentang ekstraksi kopi mungkin cukup untuk mengubah cara menyeduh kopi yang salah sepanjang waktu. Hasil seduh kopi di rumah memang berbeda dengan di kedai kopi, meskipun biji kopi dan alat yang digunakan sama. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa membuat secangkir kopi yang enak di rumah.

Racik Kopi Enak di Rumah

1. Rasio Kopi dan Air

Penting untuk membandingkan berat biji kopi dengan volume air untuk menyeduh kopi. Proporsi yang direkomendasikan oleh Specialty Coffee Association (SCA) adalah 1:15, yaitu 1 gram biji kopi untuk 15 mililiter air seduh.

2. Gilingan Kopi

Semakin halus biji kopi giling maka semakin besar permukaan kontak air seduhan dengan setiap biji kopi dan sebaliknya. Faktanya, alat kopi apa pun membutuhkan penggiling ukuran yang tepat untuk mencapai rasa kopi yang enak.

3. Suhu Air Panas

Suhu optimal yang digunakan untuk ekstraksi kopi enak adalah sekitar 90-96 °C, sehingga membutuhkan termometer masak untuk melakukan pengukuran suhu. Hal ini juga membuat Anda perlu memahami mesin yang digunakan.

4. Durasi Seduhan

Berapa lama air perendaman bertemu dengan bubuk kopi sekaligus, tentunya semakin cepat waktu persiapan kopinya, semakin cepat pula waktu ekstraksi kopinya, begitu juga sebaliknya. Alat kopi yang berbeda yang digunakan akan berbeda dalam durasi proses brewing yang dibutuhkan.

5. Agitasi

Dengan mencampurkan bubuk kopi dengan diaduk selama proses penyeduhan, air panas memiliki lebih sedikit waktu untuk mengeluarkan aroma kopi secara optimal. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan teknik pembuatan kopi manual seperti French press agar bisa lebih mengoptimalkan ekstraksi kopi.Sedangkan jika dengan pembuatan kopi menggunakan metode drip, air panas yang dituangkan di atas bubuk kopi meningkatkan agitasi.

Dengan kelima hal tersebut, barista seringkali memanipulasi karakter rasa dari teko kopi dan menyesuaikannya dengan instrumen kopi yang digunakan. Namun, faktor lain juga dapat mempengaruhi kualitas kopi, antara lain kualitas air yang digunakan, kualitas biji kopi yang digunakan, dan kebersihan alat kopi yang digunakan. Untuk kopi berkualitas tinggi, mulailah dengan memilih biji kopi segar.

Apakah membuat kopi terdengar rumit dengan cara-cara di atas? Pembuatan kopi enak memang membutuhkan pengetahuan tentang kopi karena tidak boleh asal-asalan. Namun jika Anda masih pemula dan sulit memahami cara-caranya, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memilih mesin Nescafe Dolce Gusto untuk penggunaan di rumah cukup dengan memasukkan rasa kapsul kopi yang diinginkan.